Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Internet, Jenis jenis software,Perangkat Keras Pendukung Akses Internet, Sejarah Word , Perangkat Lunak (software) Untuk Akses Internet

Jun3

Perangkat Keras Untuk Internet
1. PC (Personal Computer)
PC atau Personal Computer merupakan komponen utama yang dibutuhkan untuk internet sebelum komponen-komponen pendukung lainnya. Pengertian PC sendiri adalah komputer pribadi. Pengertian tersebut berasal dari kepanjangan PC

2. NIC (Network Interface Card)
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tanpa alat ini, semua perangkat keras luar untuk internet tidak akan berfungsi baik.

3. Modem
Kata modem berasal dari kata modulator dan demolator. Jadi untuk mengetahui apa itu modem, kita harus mengetahui dulu apa itu modulator dan demolator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Jadi, modem adalah alat komunikasi dua arah.

4. Kabel LAN
Kabel LAN merupakan kabel yang menghubungkan antara unit komputer dan modem. Jadi, jika kabel LAN sudah terpasang bisa dipastikan anda sudah bisa langsung berinternet ria.

 

Jenis-jenis software

Pengertian Software
Menurut International Encyclopedy of Information Science (1997), software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram yang memungkinkan komputer untuk mencocokkan perintah yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Definisi ini juga mengkategorikan software ke dalam 3 kategori, yaitu :
1. Software sebagai sistem yang berperan mengendalikan jalannya perangkat komputer dan komponen software lain yang menunjang operasional komputer. Software dalam kategori ini dikenal sebagai sistem operasi, contohnya Windows, Linux, dan Mac.Intosh.
2. Software sebagai program aplikasi yang berperan memenuhi tugas atau perintah tertentu dari sistem. Software dalam kategori ini dikenal sebagai software aplikasi, contohnya Microsoft Office untuk kebutuhan perkantoran, Adobe Photoshop untuk aplikasi gambar dan design, dan Mozilla Firefox untuk aplikasi penelusuran halaman web.
3. Software sebagai perangkat yang menunjang pengembangan dan pembuatan software sebagai aplikasi. Software ini dikenal sebagai software pemrograman, yaitu software bahasa pemrograman seperti PHP, dan HTML.
Menurut Muffatto (2006), software merupakan rangkaian perintah yang dijalankan oleh komputer dimana software berjalan dalam perangkat keras komputer. Muffatto juga mengkontraskan software dengan hardware. Ia berpendapat software merupakan perintah dan sarana dalam menerjemahkan kebutuhan pengguna terhadap komputer, sedangkan hardware merupakan kamar dan pabrik pengolahan perintah tersebut.
Mengacu pada konsep di atas, software perpustakaan dapat dikategorikan sebagai software aplikasi karena software perpustakaan dibuat dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Secara umum, fungsi software perpustakaan adalah :
1. Memenuhi kebutuhan teknis perpustakaan, yaitu administrasi perpustakaan, sirkulasi, pengadaan, dan pengolahan.
2. Memenuhi aspek repository di perpustakaan, yaitu penyimpanan, pengendalian, dan distribusi informasi.
3. memenuhi kebutuhan layanan penelusuran informasi.

Kategori Software
Sebagai salah satu komoditi bisnis dalam teknologi informasi, software memiliki aspek hukum yang mengikat yang berfungsi mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta dan penyalahgunaan lisensi terhadap software yang diperjualbelikan.
Muffatto (2006) membuat kategori untuk jenis-jenis software berdasarkan kriteria biaya,distribusi source code, peraturan hukum yang dikenakan :
1. Public Domain Software
Pengembang Public Domain Software memberikan sepenuhnya hak cipta kepada khalayak umum. Software yang berada dalam kategori ini tidak didasari atas hak cipta, artinya public secara langsung sudah memiliki software ini tanpa harus mempertimbangkan hak cipta yang menaunginya.
2. Free/Open source Software
Sebuah software dapat dikategorikan ke dalam software open source ketika software tersebut didistribusikan kepada khalayak umum dengan membebaskan biaya terhadap akses source code software tersebut. Pembahasan tentang software berbasis open source akan dijabarkan pada bagian berikutnya.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2163601-pengertian-dan-jenis-software/#ixzz1whQIf82K

Softholic mania pasti sering menggunakan software untuk mempermudah kegiatan proses komputasi yang dilakukannya. Namun banyak dari antara softholic mania pasti sering menggunakan software namun tidak mengetahui secara jelas dan rinci apa itu sebenarnya software ?

Software atau yang biasa disebut perangkat lunak merupakan kumpulan perintah yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang memiliki suatu kesatuan yang sama sehingga menghasilkan program/applikasi yang memiliki nilai dan tujuan tertentu.

Software jika kita jabarkan dari jenisnya ternyata memiliki beberapa perbedaan, diantaranya :

  1. Adware
    Dari namanya kita bisa langsung menyimpulkan bahwa software jenis ini menyisipkan iklan di dalam programnya. Software jenis ini biasanya bersifat gratis namun dengan kompensasi iklan yang muncul.
  2. Beerware
    Software jenis ini bisa saya bilang unik karena beerware merupakan software yang berlisensi bebas. Software jenis ini bisa dipergunakan untuk tujuan apapun, namun jika pengguna beerware merasa software yang dipergunakan sangat berguna mengharuskan mentraktir beer jika bertemu dengan pembuat softwarenya.

/*
* —————————————————————————-
* “THE BEER-WARE LICENSE” (Revision 42):
* wrote this file. As long as you retain this notice you
* can do whatever you want with this stuff. If we meet some day, and you think
* this stuff is worth it, you can buy me a beer in return Poul-Henning Kamp
* —————————————————————————-
*/

  1. Freeware
    Software jenis ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan tanpa batasan waktu tertentu. Software jenis ini biasanya memiliki fitur yang kurang powerfull.
  2. Shareware
    Software jenis merupakan kebalikan dari freeware karena shareware memiliki batasan waktu tertentu dan mengharuskan user melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yang didapatkan dari membelinya. Software ini biasanya memiliki kemampuan yang powerfull.
  3. Spyware
    Spyware merupakan software yang berfungsi untuk memantau ataupun memata-matai aktivitas komputer yang dilakukan oleh user. Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.
  4. Open source
    Open source software atau software sumber kode terbuka merupakan software yang dapat diubah, ditingkatkan, ataupun disebarluaskan karena memungkinkan user untuk melihat source code dari software. Software jenis ini biasanya dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dan memiliki lisensi General Public License (GPL).

Jenis software sebenarnya masih sangat banyak seperti, careware, crippleware, donateware, donationware, greenware, greyware, dan registerware. Namun berdasarkan penggunaanya 6 jenis software yang sudah saya jelaskan diatas merupakan jenis software yang paling sering dipergunakan.

PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET

  • 1. Hub/Switch

Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalahpassive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.

  • 2. Repeater

Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.

  • 3. Brige

Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.

  • 4. Router

Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda

 

Sejarah word

 

Sejarah dan pertumbuhan: 1981-1995
Pada tahun 1981, Microsoft menyewa Charles Simonyi, pengembang utama Bravo, prosesor GUI kata pertama, yang dikembangkan di Xerox PARC. Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata yang disebut Multi-Tool Word dan segera menyewa Richard Brodie, seorang mantan Xerox magang, yang menjadi software engineer utama. Microsoft Word 5.0 untuk DOS. Versi 1,0-4,0 memiliki antarmuka pengguna yang sama.
Microsoft mengumumkan Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983. Namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word salinan demonstrasi Bebas aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World,. membuat program pertama yang didistribusikan pada-disk dengan majalah. Tidak seperti program MS-DOS paling pada saat itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, dan mampu menampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan bergaris bawah teks, walaupun tidak bisa membuat font. Ia awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna yang berbeda dari pengolah kata terkemuka pada saat itu, WordPerfect.Namun, Microsoft terus membaik produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0 selama enam tahun ke depan.
Pada tahun 1985, Microsoft Word porting ke Macintosh. Ini dibuat lebih mudah oleh kenyataan bahwa Firman untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Mengikuti preseden LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Macmenambahkan fitur WYSIWYG benar. Setelah rilis, Word untuk penjualan Mac lebih tinggi daripada rekan MS-DOS untuk setidaknya empat tahun. Pelepasan kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk sinkronisasi nomor versi di seluruh platform. Word 3.0 termasuk berbagai perangkat tambahan internal dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari spesifikasi Rich Text Format (RTF), namun terganggu dengan bug. Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word, lebih stabil 3,01 yang dikirim bebas untuk semua pengguna terdaftar 3,0. Setelah MacWrite, Word untuk Mac tidak pernah punya saingan serius pada Mac. Word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, merupakan pengolah kata yang sangat populer karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan fitur ditetapkan. Banyak pengguna mengatakan versi yang terbaik dari Word for Mac yang pernah dibuat. Pada tahun 1986, perjanjian antara Atari dan Microsoft Word untuk membawa Atari ST dengan nama Microsoft Write. Versi Atari ST adalah pelabuhan 1,05 Word untuk Macintosh Apple dan tidak pernah diupdate.
Versi pertama dari Word untuk Windows dirilis pada tahun 1989. Dengan peluncuran Windows 3,0 pada tahun berikutnya, penjualan mulai mengambil dan Microsoft segera menjadi pemimpin pasar untuk pengolah kata untuk komputer IBM PC yang kompatibel Pada tahun 1991, Microsoft Word untuk memanfaatkan popularitas Windows ‘meningkat dengan merilis sebuah. versi Word untuk DOS, versi 5.5, yang menggantikan user interface yang unik dengan tampilan yang mirip dengan sebuah aplikasi Windows. Ketika Microsoft menyadari masalah 2000 Tahun, itu membuat Microsoft Word 5.5 untuk DOS yang tersedia untuk di-download gratis. Pada November 2010, masih tersedia untuk di-download dari situs web Microsoft. Pada tahun 1991, Microsoft memulai sebuah proyek kode nama Piramida untuk menulis ulang sepenuhnya Microsoft Word dari bawah ke atas. Baik versi Windows dan Mac akan mulai dari basis kode yang sama. Saat itu ditinggalkan saat dipastikan bahwa mereka akan mengambil tim pengembangan terlalu lama untuk menulis ulang dan kemudian mengejar ketinggalan dengan semua kemampuan baru yang dapat telah ditambahkan dalam waktu yang sama tanpa menulis ulang. Sebaliknya, versi-versi selanjutnya Word untuk Windows dan Mac, dijuluki versi 6.0, baik mulai dari basis kode dari Word for Windows 2.0.
Dengan rilis Word 6.0 pada tahun 1993, Microsoft kembali mencoba untuk melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produk mengkoordinasikan seluruh platform, kali ini di DOS, Macintosh, dan Windows (ini adalah versi terakhir dari Word for DOS).Memperkenalkan AutoCorrect, yang secara otomatis tetap kesalahan mengetik tertentu, dan AutoFormat, yang dapat memformat banyak bagian dari sebuah dokumen sekaligus. Sementara versi Windows diterima review menguntungkan, versi Macintosh secara luas mencemooh. Banyak menuduh itu sebagai lambat, canggung dan memori yang intensif, dan antarmuka pengguna yang berbeda secara signifikan dari Word 5.1 Sebagai tanggapan atas permintaan pengguna, Microsoft terpaksa menawarkan Word 5 lagi,. Setelah itu telah dihentikan. selanjutnya versi Word untuk Macintosh tidak lagi versi porting dari Word untuk Windows. Word 2007 icon Microsoft Word 2007 Microsoft Word untuk Windows sejak tahun 1995
Word 95 for Windows versi 32-bit pertama dari produk, dirilis dengan Office 95 sekitar waktu yang sama dengan Windows 95. Itu adalah port langsung dari Word 6.0 dan memperkenalkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah merah-coretan digarisbawahi spell-checking. Dimulai dengan Word 95, rilis Word diberi nama setelah tahun dari rilis, bukan nya nomor versi. Word 2010 memungkinkan penyesuaian lebih dari Ribbon, menambahkan pandangan Backstage untuk manajemen file, telah meningkatkan navigasi dokumen, memungkinkan penciptaan dan embedding screenshot, dan terintegrasi dengan Word Web App. Word untuk Mac 2008 ikon Microsoft Word untuk Mac sejak tahun 1995
Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh sebagai kelompok independen dalam Microsoft terfokus pada penulisan perangkat lunak untuk Mac. Its versi pertama dari Word, Word 98, dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Word 97, dan termasuk fitur dari Word untuk Windows 97, termasuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dengan squiggles. Pengguna dapat memilih menu dan shortcut keyboard untuk menjadi serupa dengan baik Word 97 untuk Windows atau Word 5 untuk Mac. Sayangnya, Word pada Mac dalam hal ini dan kemudian melepaskan juga menjadi rentan terhadap virus makro masa depan yang bisa kompromi Word (dan Excel) dokumen. Word 2001, dirilis pada tahun 2000, menambahkan beberapa fitur baru, termasuk Clipboard Office, yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan beberapa item Ini adalah versi terakhir untuk berjalan di Mac OS klasik dan., Di Mac OS X, hanya bisa dijalankan dalam Lingkungan Classic. Kata X, yang dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk berjalan secara native, dan diperlukan, Mac OS X, dan memperkenalkan pemilihan teks non-menyebelah. Word 2004 dirilis pada Mei 2004. Ini termasuk pandangan Notebook Layout baru untuk mengambil catatan baik dengan mengetik atau dengan suara. Fitur-fitur lainnya, seperti perubahan pelacakan, dibuat lebih mirip dengan Office untuk Windows Microsoft. Merilis patch selama bertahun-tahun untuk menghilangkan paling dikenal kerentanan makro dari versi ini. Word 2008, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008, termasuk fitur Ribbon-seperti yang disebut Galeri Unsur, yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar.Hal ini juga termasuk pandangan baru difokuskan pada tata letak penerbitan, manajemen bibliografi terpadu, dan dukungan asli untuk format Open Office XML. Ini adalah versi pertama untuk berjalan secara native di Mac berbasis Intel. Word 2011, dirilis pada bulan Oktober 2010, menggantikan Galeri Elemen yang mendukung user interface Ribbon yang jauh lebih mirip dengan Office untuk Windows, dan termasuk mode layar penuh yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada membaca dan menulis dokumen, dan dukungan untuk Office Web Apps.

Jun3

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tampa OS komputer tidak ada artinya sama sekali.

Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat digunakan untuk akses internet adalah:

Windows 95, win 98, win XP, Win Vista dan Win 7, Mac OS (ini adalah software yang berbayar) 2.Ubuntu Linux, OpenSuSE, Mandriva, IGOS (ini merupakan software gratis atau Open Source yang dapat di download secara gratis)

Web Browser

Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)

Software Web Browser

Internet Explorer

Mozzila Fire Fox

Opera

Safari

Google Crome

Mozzila FireFox

oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefox merupakan salah satu Browser yang terpopuler saat ini Selain IE. Bahkan menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan Firefox di 24,61% dari penggunan web browser yang tercatat per Desember 2009. Rilis stabil saat ini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada Januari 05, 2010

Internet Explorer (ie)

Internet Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Microsof. Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8. menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan Internet Explorer sebagai urutan pertama penggunaan browser yaitu 63,69% yang tercatat per Desember 2009

Safari

Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple.

Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac dan PC.

OPERA

Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

Opera versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal lainnya langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk windows.

Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac dan PC.

Google Crome

Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008

Search Engine

Yahoo search

Google

MSN

Altavista

Bing

Software E-Mail Client

E-mail client berfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail), diantara software e-mail client adalah:

Microsoft Out Look Express

Microsoft Office Out Look

Mozzila Thunderbird

Yahoo Mail

Google Mail

Software Instant Messaging Client

Instant Messaging Client merupakan sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard, obrolan diketik lalu dikirim kelawan bicara. Ini dikenal dengan istilah Chatting. Diantara siftware untuk chatting adalah:

Yahoo messenger

mIRC

iChat

Pidgin

Sofware Utility

Siftware Utility merupakan perangkat lunak untuk perlindungan komputer serta plug in pada komputer. Software Utility diantaranya:

Anti Virus : AVG, Avira, Mc Afee, Norton Anti Virus,Kaspersky, Bit Defender

Anti malware : Comodo internet security, Panda Internet Security, Nis, Norman, Bit defender Internet security. ØSoftware Office : M office 2003/2007

Sofware tambahan :

Adobe Reader, Foxit reader

AVG Internet Security

Comodo Internet Security

Mozilla FirefoxPengembang: Mozilla Corporation / Mozilla Foundation

Sistem operasi: antar-platform

Jenis: Penjelajah web

Lisensi: Mozilla EULA untuk distribusi biner

Situs web: http://www.mozilla.com/firefox/

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.

Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.

Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 2.0. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.

Netscape Navigator

Pengembang: Netscape Communications Corporation

Sistem operasi: antar-platform

Jenis: Penjelajah web Situs web

Situs: http://browser.netscape.com/

Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.

Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

Internet Explorer

Situs: http://www.microsoft.com/windows/products/winfamily/ie/default.mspx

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.